Pilih Beli Emas atau Gadget Baru?

Coba diingat-ingat, kapan terakhir kali Anda membeli gadget canggih dalam genggaman? Setahun lalu, tiga bulan silam, atau bahkan sebulan yang sudah lewat? Coba hitung juga, berapa bulan sekali Anda mengganti gadget yang Anda miliki?

Sayangnya, kian derasnya arus teknologi semakin mengurangi minat masyarakat dalam berinvestasi. Alih-alih membelanjakan uang untuk membeli sesuatu yang bernilai investasi, masyarakat kita sepertinya lebih senang membeli gawai atau gadget canggih. Semangat berinvestasi pun kini mulai ditinggalkan, sebaliknya kita cenderung konsumtif dengan gonta-ganti gadget atau smartphone canggih demi menuruti tren.

Apanya yang Salah dari Membeli Gadget?

Membeli atau memiliki gadget bukanlah hal yang salah. Tidak bisa dimungkiri, gadget kini memang sudah seperti kebutuhan pokok manusia. Bagaimana tidak, mau membuka surel butuh gadget, mau belanja praktis lari ke gadget, bahkan sampai mau pesan ojek pun kita tidak bisa lepas dari anak teknologi yang satu ini.

Tidak ada salahnya memang, namun jika Anda terlalu sering mengganti atau membeli gadget hanya demi menuruti keinginan, selera, atau model yang sedang booming, rasanya ada yang perlu diubah dari kebiasaan Anda itu.

Membeli gadget hanya untuk gaya-gayaan sebetulnya tidak ada manfaatnya sama sekali buat diri kita, lebih dari itu, uang cenderung akan cepat habis jika kita terus memakainya untuk membeli gadget impian. Mengikuti arus teknologi hanya akan membuat kita lelah, sebab teknologi tidak pernah berhenti berinovasi dan akan terus berkembang.

Investasi, Pilih Emas atau Gadget?

Jika masih ada yang berdalih bahwa gadget yang dibeli bisa juga dipakai sebagai tabungan yang sewaktu-waktu bisa dijual kapanpun saat butuh. Anda yakin? Sebenarnya ada lho investasi menarik yang wajib Anda coba.

Yup, apalagi kalau bukan emas? Selain bisa dipakai sebagai perhiasan, harga emas yang cenderung terus naik pun akan membuat nilai investasi kita semakin tinggi seiring berjalannya waktu. Jika dibandingkan dengan gadget, emas merupakan jenis investasi yang memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

Harga emas cenderung stabil dan terus naik dengan nilai yang lumayan tinggi. Bandingkan dengan gadget yang sekarang Anda beli, sangat mustahil kalau harga gadget juga akan mengalami kenaikan harga seperti emas. Malahan, pasaran gadget akan terus turun seiring banyaknya pesaing dengan spek yang jauh lebih canggih.
Emas = investasi seumur hidup. Seperti yang sudah dijelaskan, emas adalah investasi yang bisa diandalkan seumur hidup tanpa perlu takut mengalami rugi karena harga jual yang lebih rendah dari harga beli.
Selain sebagai alat investasi fisik yang bisa kita jual kapan saja, emas yang kita miliki tentu saja bisa dipakai juga untuk perhiasan. Bagaimana dengan gadget?
Jadi, soal menabung dan investasi, mana yang Anda pilih? Beli emas atau gadget? Pasti sudah tahu jawaban cerdasnya dong ya?

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *