MInyak Nabati Tekan Harga Sawit

Dinas Perkebunan Provinsi Riau menyebutkan, tekanan harga dari minyak nabati mempengaruhi turunnya harga tandan buah segar kelapa sawit di Riau untuk sepekan ke depan, yang sebesar Rp34,61 per kilogram untuk umur tanaman 10-20 tahun.

“Selain minyak nabati, penurunan harga TBS CPO (sawit) Riau juga dipengaruhi oleh kontrak minyak kedelai untuk pengiriman Januari 2017 di Dalian Commodity Exchange turun 0,8 persen,” kata Sekretaris Tim Penetapan harga TBS CPO Riau, Rusdi, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Rusdi, tekanan dimaksud diprediksi tidak akan berlangsung lama karena terkait stok dan perkiraan produksi CPO yang akan menurun sehingga keterbatasan pasokan akan meningkatkan harga CPO.

Ia mengatakan, kondisi inilah yang menyebabkan pelemahan harga CPO tiga minggu terakhir dimana permintaan menurun, harga kedelai turun, produksi meningkat, adanya “kampanye hitam” terhadap kelapa sawit dan pengenaan bea keluar (BK) oleh Pemerintah.

“Mudah-mudahan dengan rilis data penurunan produksi CPO oleh negara produsen utama CPO akan berdampak positif terhadap perdagangan CPO pekan depan yang juga akan memperbaiki harga jual TBS pekebun,” katanya.

Akan tetapi, beberapa faktor yang mempengaruhi harga CPO akan sedikit menguntungkan bagi Indonesia diantaranya adalah keseimbangan suplai dan permintan, harga minyak sayur lainnya, dan cuaca yang berpengaruh terhadap produksi.

Namun demikian kebijakan impor negara konsumen dan, perubahan dalam kebijakan pungutan ekspor atau bea keluar, akan sedikit mempengaruhi harga CPO Riau membaik.

Sementara itu dalam pekan terakhir, CPO masih mendapat tekanan harga dari minyak nabati lainnya. kontrak minyak kedelai untuk pengiriman Januari 2017 di Dalian Commodity Exchange turun 0,8 persen.

Namun tekanan dimaksud diprediksi tidak berlangsung lama mengingat stok dan perkiraan produksi CPO yang akan menurun sehingga keterbatasan pasokan akan meningkatkan harga CPO.

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *