Manfaat Sumber Daya Laut Untuk Manusia

Manfaat Sumber Daya Laut Untuk Manusia – Laut meupakan kawasan yang sangat luas yang berada pada di permukaan bumi dari pada daratan. Hampir 70% semua bagian bumi terbagi menjadi lautan baru sisanya merupakan daratan. Begitu luasnya lautan sehingga banyak hal tersembunyi yang belum di ketahui keberadaannya sama sekali sampai sekarang. Di Indonesia sendiri di sebut sebagai negara maritim karena terkenal dengan lautnya yang luas. Namun terdapat banyak manfaat dari sumber daya laut untuk manusia, berikut beberapa di antaranya.

Baca juga: Tuna Indonesia Terancam Punah Dalam 3-10 Tahun

Garam

Garam

Garam merupakan salah satu bahan dapur yang wajib di gunakan dalam penggunaan dalam memasak. Garam mengandung yodium yang sangat baik dalam mencegah kanker dan dapat meghilangkan jerawat. Garam sendiri berasal dari air laut yang sudah mengering dan menyisakan hanya butiran-butiran kristal yaitu garam. Dalam proses pembuatan, dapat di lakukan dengan cara tradisional, dengan memanfaatkan cahaya matahari dan api.

Rumput laut

Rumput laut

Rumput banyak di budidayakan di sekitar tepian laut oleh para nelayan. Rumput laut di percaya kaya akan kandungan nutrisi untuk tubuh yang melengkapi kebutuhan tubuh. Rumput laut juga banyak di olah menjadi makanan yang sangat lezat. Dalam cara budidaya rumput laut sangat mudah untuk di lakukan sendiri, dalam budidaya rumput laut ada dalam proses perkawinan dan ada yang tidak. Untuk penanaman rumput laut dengan cara menabur bibit rumput laut di wadu secara merata, kemudian ada juga dengan cara mengikat bibit rumput laut pada tali yang di tanam pada dasar laut.

Ikan

Ikan

Ikan merupakan salah satu mahluk hidup yang ada di dalam laut. Populasi ikan di laut pun tidak sedikit dan sangat banyak jenisnya. Ikan yang hidup di air asin ini memiliki kandungan gizi yang banyak dan hidup pada perairan laut bebas. Ikan yang termasuk dalam makanan yang kaya akan protein sehingga cocok sekali untuk menjadi hidangan makanam untuk manusia. Akan tetapi, akibat dari perburuan yang tidak melihat aspek keseimbangan ekosistem, banyak hewan- hewan laut yang mulai terancam punah. Salah satunya adalah ikan terbang, yang telurnya di anggap sebagai makanan mewah dengan nama caviar. Selain itu, mamalia laut seperti ikan paus juga terancam punah, akibat perburuan yang sembarangan.

Kerang

Kerang

Kerang didasar lautan meupakan makhluk hidup yang memiliki cangkan yang keras di dasar laut. Kerang banyak ditangkap untuk di konsumsi karena dagingnya yang kaya akan protein. Kerang selain untuk di konsumsi juga di kenal sebagai penghasil mutiara yang indah di dalam cangkangnya. Hanya saja tidak setiap kerang memiliki kemampuan tersebut. Ada jenis dari kerang yang dapat menghasilkan mutiara di dasar lautan. Mutiara hasil dari kerang bernilai tinggi jika dijual itu sebabnya binatang ini termasuk yang di lindungi karena habitatnya yang banyak di usik oleh pemangsa yang menginginkan daging dan mutiaranya saja. Padahal sebagai salah satu sumber daya laut pemanfaatan binatang ini tidak hanya untuk konsumsi dan perhiasan namun juga untuk dikembang biakkan agar tidak menghilang dari peredaran.

Terumbu Karang

Terumbu Karang

Terumbu karang adalah salah satu dari tumbuhan laut. Terumbu karang biasa hidup pada perairan laut dangkal. Beberapa terumbu karang dianggap sebagai indikator kebersihan laut. Selain itu, terumbu karang mampu menghasilkan oksigen yang berasal dari fotosintesis. Terumbu karang memiliki banyak jenis. Setiap terumbu karang dapat menjadi rumah bagi ikan- ikan. Dengan adanya terumbu karang, laut menjadi indah, dan dapat menjadi tempat wisata bagi manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *