Manfaat Getah Karet Dalam Kehidupan Sehari Hari

Jika anda membayangkan karet adalah benda yang elastis seperti ban mobil atau penghapus pensil ini adalah gambaran dari produk getah karet. Namun ternyata bahan super elastis ini menemukan jalan puluhan ribu produk yang berbeda dari segala sesuatu yang berasal dari stempel karet dan sepatu tahan air untuk berselancar, pakaian selam, topi renang, maupun selang untuk mesin cuci.

Karet, yang telah umum digunakan selama lebih dari 1000 tahun, sepenuhnya berasal dari sumber-sumber alam, sekarang produk karet dibuat secara artifisial di pabrik kimia. Hal ini karena keterbatasan agar dapat menghasilkan karet alam yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Dan pada gilirannya karena karet sangat fantastis dan berguna.

Manfaat getah karet menjadi sangat luas dalam kehidupan sehari-hari, tak hanya itu, getah karet yang telah diolah menjadi produk tertentu ternyata dapat didaur ulang. Berikut kita eksplor manfaat dari getah karet.

1. Getah karet untuk menghasilkan tikar lantai

Tikar lantai dari karet dalam berbagai ukuran dan gaya yang masing-masing dirancang untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang ada memiliki manfaat yang praktis. Tikar karet ini dapat menempel di permukaan tanpa menggunakan perekat. Karena tikar karet dapat memberi fungsi agar orang yang berjalan diatas lantai tersebut tidak mudah tergelincir. Ini adalah contoh dari manfaat keamanan menggunakan lantai karet. Selain itu tikar lantai dari karet dapat didaur ulang sehingga mendukung progam recycle. Tikar karet yang digunakan juga dapat membantu mencegah alergen dan zat berpotensi beracun lainnya dari dalam rumah atau lingkungan kerja. Daya tahan dan siklus hidup bahan ini lumayan panjang yaitu hingga 30 tahun.

2. Getah karet menghasilkan ban karet yang dapat didaur ulang

Selain tikar lantai dari karet yang dapat di daur ulang, getah karet dapat menghasilkan ban yang berasal dari sumber daya karet ini dan dapat di daur ulang. Tempat pembuangan sampah di seluruh Amerika yang penuh usang, disana banyak ban dari jutaan mobil yang dibuang dapat dimanfaatkan kembali menjadi daur ulang.

3. Getah karet untuk menghasilkan bantalan

Bantalan dari karet dapat memberikan manfaat yang sehat untuk karyawan yang bekerja. Slip karet Lebih lembut dapat membantu untuk melindungi sendi antara tulang yang biasanya karyawan berjalan diiatas permukaan yang keras seperti beton.

Pada jangka panjang jika berjalan dan bekerja dipermukaan keras dapat menyebabkan degenerasi tulang rawan bantalan antar sendi. Karyawan yang berdiri di atas permukaan yang keras akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan bantalan karet. Ini bisa menjadi solusi biaya efektif untuk biaya asuransi jangka panjang dengan cara mengurangi klaim masa depan.

Manfaat untuk keselamatan dan kesehatan serta kenyamanan dapat dilihat baik dalam penggunaan jangka pendek dan panjang dari bantalan karet. Selain itu biayanya cukup murah.

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *