Keunggulan Reksa Dana Dibanding Emas

Sebagai instrumen investasi pasar modal, reksa dana memiliki banyak keuntungan yang perlu Anda ketahui sebagai investor pemula. Kami sudah merangkumnya untuk Anda. Paling tidak ada 8 keunggulan reksa dana, di antaranya:

1. Imbal balik hasi investasi reksa dana di atas rata-rata emas.
Bloomberg, salah satu media analis di pasar modal, menunjukkan reksa dana memiliki imbal balik (return) yang lebih tinggi. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa keuntungan emas merosot atau stagnan. Sementara keuntungan reksa dana meningkat.

2. Investasi reksa dana hanya butuh modal kecil.
Investasi reksa dana bisa dimulai dengan modal paling kecil Rp100.000. Anda sudah bisa melakukannya secara online. Sementara investasi emas, menurut data di situs PT Aneka Tambang (Antam), harga terendah Logam Mulia (LM) sebesar Rp553.000 per gram. Jadi, Anda butuh uang sekitar Rp500.000 untuk memulai investasi emas.

3. Reksa dana tidak berisiko hilang seperti emas.
Karena wujudnya tidak dalam bentuk fisik, reksa dana tidak akan berisiko hilang seperti emas. Fungsi penyimpanan harta reksa dana, seperti bunga atau dividen, diserahkan kepada bank kustodian yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menyimpan harta reksa dana.

4. Reksa dana tidak butuh biaya penyimpanan.
Reksa dana tidak memerlukan biaya penyimpanan layaknya emas yang butuh tempat khusus, seperti Safe Deposit Box (SDB) yang terletak di bank. SDB sendiri membutuhkan biaya cukup mahal per tahunnya, sedangkan reksa dana cukup disimpan di bank kustodian dengan biaya relatif kecil.

5. Untuk meminimalkan risiko, reksa dana bisa didiversifikasikan.
Keunggulan reksa dana adalah adanya diversifikasi. Hal ini dilakukan dengan menyebar investasi ke berbagai jenis sehingga bisa meminimalkan risiko yang terjadi.

6. Dikelola Manajer Investasi yang profesional.
Pengelola dana reksa dana adalah Manajer Investasi. Investasi akan lebih memberikan imbal balik yang maksimal apabila dikelola MI yang profesional.

7. Bisa dilakukan secara online.
Seiring dengan perkembangan teknologi, proses pencairan investasi di reksa dana amat mudah dan bisa dilakukan secara online. Hasil pencairan reksa dana akan langsung ditransfer ke rekening Anda.

8. Aman dari risiko pemalsuan.
Berbeda dengan emas yang rawan penipuan, reksa dana cenderung aman dari pemalsuan karena tidak ada fisik barang yang berpindah tangan. Proses jual beli dilakukan tanpa perlu memakai sertifikat (scriptless).

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *