Jenis Terumbu Karang Yang Ada Di Indonesia

Jenis Terumbu Karang Yang Ada Di Indonesia – Keindahan alam Indonesia sangat di kenal oleh seluruh warga negara yang ada di dunia. Dengan memiliki banyak pulau yang ada di lauatan Indonesia yang sangat terkenal, bukan hanya pula saja, terumbu karang di Indonesia sangat lah cantik dan memposan mata. Terumbu karang merupakan salah satu tumbuhan laut yang hidupnya di dasar lau. Terumbu karang berfungsi sebagai habitat bagi tumbuhan laut, hewan laut, maupun mikrorganisme.

Baca juga: 
Mengulik Prospek Dan Seluk Beluk Ekspor Belut

Nah masi bingung apa saja jenis terumbu karang yang ada di Indonesia? ini di beberapa jenis terumbu karang yang ada di Indonesia.

Acropora Cervicurnis

Jenis terumbu karang ini bisa hidup pada kedalaman 3-15 m dari atas permukaaan laut.Terumbu ini berbentuk seperti pipa kecil yang ada di dalam laut. koloni terumbu ini dapat berkumpul hingga beberapa meter. Terumbu ini tersusun dari cabang- cabang dan membentuk terumbu karang yang lebat, serta cabang- cabang yang silindris.. Aksial koralit dari terumbu karang ini dapat dibedakan.Memiliki kemiripan dengan terumbu karang Acropora Prolifera.Terumbu karang ini biasanya berwarna coklat muda.Hidup pada perairan yang jernih serta tidak berpolusi. Serta tumbuh di bagian atas lereng atau lagun dangkal yang jernih serta di tengah- tengah karang. Terumbu karang ini banyak di jumpai di perairan Indonesia, Jamaika Serta kepulauan Cayman.

Acropora Elegantula

Terumbu karang ini hidup pada kedalaman 3-15 m dari atas permukaan laut.Terumbu karang ini berbentuk seperti semak dan berbentuk melebar. Cabang dari terumbu karang ini berbentuk horizontal yang menyabar serta tipis. Serta aksial koralit yang terlihat jelas. Saat terkena arus laut, terumbu karang ini akan bergerak dengan sangat lembut, seperti sedang menari akibat dari ukuran cabang yang hampir seragam.Terumbu karang ini berwarna abu- abu, dengan warna ujungnya akan semakin berwarna muda.Terumbu karang ini memiliki kesamaan dengan Acropora AculeusTerumbu karang ini mudah ditemukan pada perairan dangkal. Selain Indonesia, terumbu karang ini dapat ditemukan di Sri Langka.

Acropora Micropthalma

Terumbu karang ini bisa hidup pada kedalaman 3-15 m dari atas permukaan laut.Terumbu karang ini berbentuk melebar serta pipih, dengan luas bisa mencapai 2 m.Tarumbu ini biasanya hanya terdiri dari 1 spesies, terdiri dari satu koralit kecil, yang membentuk satu terumbu karang. koralit kecil ini biasanya berjumlah banyak dengan ukuran yang sama.Memiliki kemiripan dengan Acropora Copiosa, Acropora Parilis, dan Acropora Horrida.Dapat ditemukan pada perairan yang keruh, serta lagun yang berpasir. Selain itu, dapat ditemukan pada perairan dangkal dan di atas karang. Selain di Indonesia, terumbu karang ini bisa di jumpai di Australia dan Papua.

Millepora

Terumbu karang ini hidup pada kedalaman 3-15 m.Berbentuk bantalan dengan cabang yang pendek dan gemuk serta dengan ukuran yang sama. terumbu karang ini ada kemiripan dengan Acropora Aspera. Yang membedakan adalah radial koralit yang rapat serta aksial koralit yang terpisah- pisah.Terumbu karang ini biasanya berwarna hijau, merah, biru, atau jingga.Terumbu karang ini memiliki kemiripan dengan Acropora Covexa, Acropora Aspera dan Acropora Pulchra.Mudah ditemukan pada perairan yang dangkal serta tidak berpolusi. Selain di Indonesia, terumbu ini juga ditemukan di Filipina dan Australia

Acropora Humillis

Terumbu karang ini hidup pada kedalaman 1-7 mBerbentuk bercabang- cabang. Cabang- cabang dari terumbu karang ini berbentuk tebal. Memiliki koralit yang besar, dan memiliki rdial koralit dengan dua ukuran.Terumbu karang ini juga desebut sebagai karang bercabang. Akibat dari bentuk karang yang bercabang- cabang.Memiliki kurimbosa dengan warna ungu atau merah muda. Tapi warna yang sering di jumpai adalah krem, coklat, atau biru.Hidup disekitar terumbu yang datar, selain itu juga bisa ditemukan pada lereng karang. Jenis terumbu karang ini banyak ditemukan pada perairan indonesia dan tersebar mulai dari laut merah hingga America Tengah dan Indo- Pasifik.

Montipora Aquituberculata

Terumbu ini hidup pada kedalaman 3-15 mBerbentuk seperti corong dengan lapisan yang bersusun- susun. Terumbu karang ini terdiri dari koralit dengan dikelilingi papila yang tebal. Terumbu karang ini lama kalamaan akan mengerak sehingga tersusun menjadi seperti corong.Terumbu Karang ini memeliki kemiripan dengan MontiporaPeltiformis.Terumbu ini berwarna coklat atau jinggaDapat di temukan hidup pada perairan dangkal dengan banyak karang. Daerah pesebarannya selain di Indonesia sama dengan Montipora Danae, yaitu Filipina Jepanng hingga ke Madagaskar. Akan tetapi, terumbu karang ini juga bisa ditemukan di Australia.

Acropora Grandis

Terumbu ini hidup pada kedalaman 3-15 mSemakin dalam lokasi terumbu ini maka cabang akan semakin panjang dan terbuka. semakin dangkal, maka cabangnya akan semakin pendek.Terumbu ini berwarna coklat, merah muda, biru, atau hijau. Pada ujungnya, warna akan semakin muda.Dapat ditemukan hidup pada lereng karang bagian atas. Memiliki persebaran yang sama dengan Montipora Danae. yaitu Indonesia, Filipina, Jepang, hingga Madagaskar. selain itu, jenis terumbu karang ini tersebar hingga Indo- Pasifik. Terumbu karang ini banyak tumbuh di daerah yang beriklim tropis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *