JAPFA Siap Bangun Pabrik Pembibitan Ayam

Untuk meningkatkan produktifitas ternak ayam di Indonesia memang memerlukan campur tangan dari pihak pemerintah ataupun pihak perusahaan swasta. Sebab sebagian peternak berasal dari peternak lokal mandiri, yang memang perlu diperhatikan.

Selain itu permintaan daging dan telur ayam yang tinggi dipasaran perlu juga di seimbangkan dengan produktifitas hasil ternak sehingga tidak perlu mengimpor untuk memenuhi kebutuhan nasional.

PT JAPFA Confeed Indonesia (Tbk) melalui anak usahanya PT Indojaya Agrinusa pada tahun ini berencana untuk membangun pabrik pembibitan ayam broiler (breeding farm) dan pabrik penetasan telur (hatchery) di Aceh. Total investasi pembangunan pabrik ini mencapai angka Rp 100 miliar.

Vice President Head Of Operation JAPFA unit Medan, Anwar Tandiono mengatakan, kini pihaknya sedang melakukan survei untuk tempat pembangunan pabrik sebab targetnya pada tahun ini harus sudah membangun pabrik di Aceh.

Ia juga menambahkan bahwa dalam pembangunan pembibitan ayam broiler membutuhkan lahan seluas 20 hektare dengan kapasitas indukan mencapai 150 ribu ekor. Dan untuk pabrik penetasan akan dibangun di lahan seluas 3-4 hektare dengan kapasitas produksi mencapai 300 ribu hingga 50 ribu anak ayam atau DOC. “ujarnya”

Dengan hasil tersebut, nantinya jumlah produksi bibit anak ayam akan memenuhi sekitar 50% kebutuhan anak ayam di Aceh. Sebab bibit anak ayam di Aceh masih harus memasok dari Medan setiap bulannya yang mencapai 2.5 juta ekor.

Pembangunan pabrik ini diharapkan akan menciptakan peluang lapangan kerja hingga bisa menekan biaya produksi dan memangkas ongkos transportasi sehingga akan membuat harga DOC di Aceh akan lebih murah.

Sebab kebutuhan di sini masih cukup tinggi, mulai dari harga bibit ayam dan pakan yang terbilang tinggi. Sebab harga ditentukan oleh pasar. Dengan adanya pabrik ini diharapkan harga akan juh lebih murah.

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang agri-food terbesar dan ter-integritas di Indonesia. Unit bisnis utama perusahaan ini yakni pembuatan pakan ternak, pembibitan ayam, pengolahan unggas serta pembudidayaan pertanian. Keunggulan dari perusahaan ini meliputi integrasi vertikal dan skala ekonomi. Hal ini dimaksud bahwa perusahaan menjalin hubungan baik antara operasional yang dilakukan di hulu dengan hilir. Dengan dijaganya hubungan tersebut maka akan terjamin kualitas produk yang unggul. Di samping itu dengan skala ekonomi, Japfa menawarkan produk-produk dengan biaya yang terjangkau bagi konsumen Indonesia.

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *