Investasi Pengembangan Ternak Sapi Pemalang Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah yang saat ini tengah melakukan sebuah percepatan pembangunan dengan cara-cara yang lebih progresif, inovatif, dan mau melakukan reformasi yang dimulai dari diri sendiri. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap percepatan pembangunan dapat terjadi di setiap daerah-daerah yang ada di Provinsi yang di kepalainya sebagai Gubernur Jateng.

Mendukung apa yang menjadi program gubernur Jateng tersebut Bupati Pemalang menekankan agar pembangunan di Kabupaten Pemalang segera diselesaikan dengan secepatnya.
Pemalang memiliki topografi alam yang berupa dataran pantai, dataran rendah, dataran tinggi serta sebagai daerah pegunungan, sehingga membuat daerah ini memiliki tanah yang subur dengan panorama yang asri dan indah. Dengan kondisi demikian Pemalang menjadi salah satu tempat tujuan pariwisata yang menarik untuk di kunjungi baik wisata alam, pantai, air terjun, dan objek wisata buatan lainnya.

Kondisi alam yang cukup baik membuat ternak hewan sangat cocok dibudidayakan di daerah ini seperti ternak, sapi potong, sapi perah, kambing, domba, kerbau, kuda, ayam buras, itik, ini sangat berkembang dengan baik.  Dengan ketersediaannya sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang melimpah menjadi potensi yang besar bagi Pemalang khususnya di sektor ternak hewan dan pertanian, meskipun potensi tersebut belum dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Keberadaan sapi potong di pasar ternak Pemalang sangat bernilai ekonomis. Hal ini dapat diketahui dari tingginya ketimpangan antara permintaan dan pasokan. Dari tahun ke tahun permintaan daging sapi didaerah ini terus mengalami peningkatan baik dalam skala lokal, regional maupun luar negeri (ekspor). Usaha peternakan sapi potong di Pemalang berada di tiga sentra produksi yaitu Kecamatan Wakutumpul, Kecamatan Belik, dan Kecamatan Pulosari. Daerah-daerah ini memiliki banyak ketersediaan rumput dan luas lahan sehingga daerah ini juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Populasi sapi di tiga lokasi tersebut diatas mencapai 10.802 ekor, angka yang sangat potensial untuk dapat memasok sapi potong ke kabupaten Pemalang dan sekitarnya.

Dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Pemalang ini Bupati mengajak para investor baik dalam maupun investor asing untuk dapat berinvestasi di sektor perternakan di Pemalang Jawa Tengah, agar lebih banyak lagi produksi ternak hewan yang dihasilkan.

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *