Indonesia Bertekad Meningkatkan Ekspor Produk Unggulannya ke Brasil

Penurunan nilai ekspor dan permintaan produk dari Brasil membuat Kementerian Perdagangan mengambil langkah strategis untuk meningkatkan ekspor ke negara ini.   Brasil yang merupakan salah satu negara di Amerika Latin yang berpotensi menjadi tujuan ekspor sejumlah produk unggulan asal Tanah Air, salah satunya sarung tangan karet.Kondisi ini tak lepas dari po­tensi ekonomi Negara itu sendiri. Pada 2014, Brasil merupakan negara dengan ekonomi terbesar keenam di dunia dari segi nominal PDB (US$ 2,35 triliun) dan nomor tujuh den­gan nilai purchasing power parity (PPP) se­besar US$ 3,1 triliun. Brasil  juga merupakan anggota dari beragam organisasi ekonomi, seperti Mercosur, Unasul, G8 + 5, G-20, WTO, dan Cairns Group.

Produk sarung tangan karet ber­nomor HS 4015 sangat prospektif di pasar Brasil. Kondisi dari harga pasar karet yang turun akan membuat harga pasaran produk ini dapat bersaing dengan negara pengekspor seperti Malaysia, Thailand dan lainnya. Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen karet terbesar di dunia, produk RI terse­but sangat berpeluang luas lagi masuk pasar Brasil. Di sisi lain, permintaan dari beberapa importer Brasil terhadap produk sarung tangan karet itu juga cukup besar.

Tahun lalu, permintaan terhadap sarung tangan karet dari RI memang sempat melemah. Setelah pada 2012 berhasil menembus penjualan lebih dari US$1,5juta, pengapalan pro­duk tersebut ke Brasil anjlok menja­di hanya US$750.000-an pada 2014. Namun, mulai tahun ini, permintaan terhadap produk tersebut mulai ber­gairah kembali.

Jika melihat data statistik, impor Brasil untuk produk sarung tangan karet secara keseluruhan dari 2011 hingga 2014, baik dari dunia maupun dari pasar Asean, cenderung mengalami fluktuasi.

Para pengusaha produk lokal yang ingin memasuki pasar ekspor ke Brasil dapat menghubungi Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) yang berlokasi di Sao Paulo. Hal ini untuk mendapatkan informasi dan mencari strategi pemasaran yang pas di Brasil, seperti membu­ka galeri untuk produk terkait atau mengirimkan material promosi dan publikasi untuk memasarkan produk ini.

Diharapkan beberapa tahun ke depan ekspor produk Indonesia mengalami peningkatan seiring dengan masuknya beberapa pengusahan lokal ke pasar ekspor Brasil. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan akan membantu setiap pengusaha Indonesia yang akan memasarkan produknya di negara ini melalui ITPC di Sao Paulo, Brasil.

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *