Harga Komoditas Karet Terbaru 2017

Kita ketahui bersama bahwa pohon karet dengan harganya yang melejit merupakan salah satu komoditas Indonesia yang terkenal. Pohon karet ini akan menghasilkan getah yang bisa dimanfaatkan untuk bahan industri berbagai produk bahkan getah karet ini menjadi salah satu komoditas ekspor.

Untuk menjadi produk dari getah karet bahkan menghasilkan lembaran karet ternyata membutuhkan proses yang cukup panjang. Hal ini tidak mengherankan jika harga karet selalu melambung, meski harga komoditas ini pernah turun dan membuat petani karet sedikit mengeluh. Untuk informasi selengkapnya tentang manfaat dan harga karet mari simak informasi berikut.

Sekilas tentang pohon dan getah karet

Wilayah dengan lahan terbanyak untuk penanaman pohon karet ini diantaranya: Kalimantan, Sumatera, Riau, Sulawesi dan beberapa wilayah di luar pulau Jawa. Pohon karet dapat tumbuh hingga diatas 100 tahun dan dapat tumbuh dengan ketinggian 30 sampai 40 m.

Pohon karet memerlukan tanah yang subur dan padat untuk menghasilkan lateks atau getah. Getah tersebut menjadi satu dari hasil utama dari pohon karet. Pohon karet yang telah dewasa akan dilukai secara mengerucut menuju bawah guna mengalirkan getah menuju botol khusus atau kaleng.

Masa pengambilan atau penyadapan getah karet sekitar 6 tahun dan sesudah itu pohon karet wajib diperbarui. Getah karet mempunyai warna putih dan berbentuk cair layaknya susu. Getah tersebut selama beberapa hari dan akan ditampung usai berubah menjadi blok dan lengket.

Manfaat getah karet untuk kehidupan keseharian

Jika anda membayangkan bahwa produk harga karet ini hanya sebatas penghapus pensil maupun ban kendaraan maka anda perlu membaca informasi ini. Bahan yang sangat elastic dengan harga karet yang menjanjikan ini cukup beragam diantaranya: baju selam, selang mesin cuci, sepatu tahan air untuk peselancar, stempel karet, dll. Manfaat getah karet ini diantaranya:

  1. Ban karet yang bisa didaur ulang

Lateks dari produk harga karet ini juga menghasilkan ban yang bisa didaur ulang. Bahkan  tempat pembuangan sampah yang ada di seluruh Amerika terdapat ban dari berjuta mobil yang dibuang dan bisa digunakan kembali dengan didaur ulang.

  1. Menghasilkan bantalan

Bantalan dari produk harga karet bisa mendatangkan manfaat untuk kesehatan karyawan ketika bekerja. Karet dengan slip lembut bisa melindungi sendi antar tulang dimana karyawan umumnya berjalan diatas permukaana keras misalnya beton.

Hal ini karena bekerja dan berjalan di permukaan keras untuk jangka panjang bisa mengakibatkan degenerasi dari tulang rawan bantalan antar sendi. Dengan biaya yang cukup murah, karyawan bisa mendapat manfaat kesehatan, keselamatan dan kenyamanan dari produk harga karet berupa bantalan ini baik untuk jangka waktu pendek maupun panjang.

  1. Tikar lantai

Tikar lantai ini memiliki motif yang unik dan ukuran yang variatif yang praktis digunakan. Tikar ini bisa melekat di permukaan meski tanpa perekat sebab menjalankan fungsi agar orang yang berjalan diatasnya tidak terjatuh. Bahkan bisa mencegah allergen atau zat beracun dalam rumah. Tikar ini juga bisa di daur ulang dengan siklus hidup sampai 30 tahun.

Harga karet selalu meningkat

Harga karet berkisar antara Rp. 19.000 – Rp. 22.000/kg-nya dan cenderung terus meningkat setiap bulan. Bahkan pada tahun 2012 harga karet ditingkat petani pernah mencapai 25.000/kg.

Untuk semakin membantu para petani karet, Kementan (Kementrian Pertanian) telah menyiapkan peremajaan (replanting) 1 ha (1 juta hektar) tumbuhan karet. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas karet di Indonesia untuk masa yang akan datang.

Dengan harga karet yang semakin melejit tersebut bisa menjadi kabar gembira untuk para petani karet supaya semakin optimis dalam menggeluti salah satu komoditas utama Indonesia tersebut.

Disclaimer: Harga karet berubah setiap saat

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *