Ekspor Komoditas Perikanan Ditargetkan Mencapai USD 5 Miliar

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan angka ekspor perikanan dapat menembus hingga 5 miliar dolar AS pada tahun ini. Target ekspor perikanan pada tahun ini meningkat dibandingkan dengan nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada tahun 2014 yang mencapai 4,6 miliar dolar AS.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti di Jakarta, mengatakan angka ekspor perikanan Indonesia tahun ini ditargetkan bisa menembus angka 4-5 miliar dolar AS. target ekspor tersebut optimis dapat tercapai terutama setelah Amerika Serikat sudah membebaskan tarif impor produk-produk perikanan Republik Indonesia.

KKP menyatakan bahwa sektor perikanan Indonesia mendapatkan angin segar dari kebijakan Pemerintah Amerika Serikat yang menawarkan skema perlakuan istimewa terhadap komoditas perikanan. Hal tersebut setelah Presiden Amerika Serikat dengan persetujuan Senat AS menandatangani pembaharuan dan perpanjangan skema Generalized System of Preference (GSP).

Generalized System of Preference merupakan skema khusus dari negara-negara maju yang menawarkan perlakuan istimewa non-timbal balik seperti tarif rendah atau nol persen kepada impor produk yang berasal dari negara-negara berkembang, dimana salah satunya adalah Indonesia yang mendapatkan fasilitas tersebut.

Sebelumnya skema tersebut sempat terhenti pada tahun 2013 karena tidak mendapatkan persetujuan Senat AS. Akan tetapi dengan kebijakan baru dari Presiden Amerikan Barack Obama ini, skema GSP kembali akan mulai berlaku mulai 29 Juli 2015 hingga 31 Desember 2017.

Dengan diberlakukannya skema GSP ini menjadi sebuah peluang bagi produk perikanan Indonesia karena melalui skema tersebut sejumlah produk perikanan Indonesia seperti diantaranya kepiting beku, ikan sardin, daging kodok, ikan kaleng, lobster olahan dan rajungan akan dibebaskan dari tarif bea masuk.

Selain itu Amerika Serikat juga menjadi salah satu tujuan ekspor produk perikanan Indonesia, sehingga dengan adanya kebijakan ini diharapkan mampu meningkatkan ekspor ke negeri Paman Sam.

Berdasarkan data KKP, dalam empat tahun terakhir nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Amerika Serikat terus menunjukkan peningkatan. Pada tahun 2011 nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Amerika Serikat mencapai 1,07 miliar dolar AS dan meningkat pada tahun 2012 menjadi 1,15 miliar dolar AS.

Pada tahun 2013 nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Amerika Serikat kembali meningkat dengan nilai ekspor 1,33 miliar dolar AS dan kembali meningkat pada tahun 2014 menjadi 1,84 miliar dolar AS.  Tren peningkatan ekspor ini diharapkan berlanjut pada tahun 2017, terlebih dengan adanya skema GSP.

Post Author: Agio Marietta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *