Cara Mengetahui Keaslian Cincin Emas Putih

Cara Mengetahui Keaslian Cincin Emas Putih – Perhiasan cincin emas putih sangat lah terkenal dengan memiliki ciri yang khusus, dimana cincin emas yang seharusnya bewarna emas, namun yang satu ini berwarna putih. Namun cincin emas putih tidak kalah bersaing dengan cincin yang berwarna emas. Namun pada dasarnya banyak logam lainnya yang dapat di buat sebagai perhiasan berupa emas. Emas putih sendiri merupakan benda yang memiliki harga yang dapat berubah-ubah tiap harinya. Namun sekarang sudah para penjual yang curang dalam menjual cincin emas agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Nah bagi anda yang tidak tau untuk cara membedakan cincin emas putih, berikut merupakan cara untuk mengetahui keaslian cincin emas putih.

Baca juga: Kementan Upayakan Peningkatan Produktivitas Sapi Bali

Goreskan emas ke keramik bisa juga pada kertas

Emas yang asli tidak akan menimbulkan bekas sedikitpun baik pada keramik ataupun kertas sehingga ketika digoreskan akan terbentuk warna hitam yang sudah pasti bahwa itu adalah emas palsu. Cara ini menjadi cara yang memang cukup mudah untuk dipraktikkan, bagi kalian yang ingin tau atau pun rasa ingin taunya cukup besar mengenai keaslian dari emas putih tersebut mungkin memang tak ada salahnya untuk mencoba cara satu ini.

Tes bunyi dengan menjatuhkannya ke lantai

Jika emas yang dibeli merupakan emas palsu, maka akan memberikan efek bunyi yang nyaring jika dibandingkan dengan emas yang asli. Mungkin banyak yang berpendapat mengapa harus menjatuhkan perhiasan kalian yang sebelumnya kalian anggap terbuat dari bahan dasar emas putih itu hanya untuk mengetahui keasliannya? Hal ini memang cukup direkomendasikan untuk dicoba, dan tak perlu khawatir karena sebuah emas pun sudah diketahui memiliki kualitas yang baik.

Menguji masa jenis emas

Untuk melakukan pengujian emas menggunakan cara ini, bisa dilakukan dengan teknik ini dengan memakai timbangan digital. Yang pertama ialah ukur berat emas menggunakan timbangan digital. Lalu siapkan gelas yang berisi air lalu timbang.Masukkan emas dengan memakai benang lalu dimasukam ke dalam air tersebut dan catatlah perubahan tinggi air sebelum dan sesudah dimasukkan emas. Hitung kepadatan emas dengan cara membagi dengan volume airnya. Untuk emas putih asli berat 18 karat akan memiliki kepadatan sekitar 14,7 sampai 16,9 gram/ml.

Tes keasaman pada emas

Sebelum melakukan transaksi/pembayaran membeli emas putih, anda bisa melakukan cara tersebut. Emas putih asli tidak akan terjadi reaksi apapun. Jika terjadi perubahan pada warna menjadi warna hijau ini menunjukkan besi yang dilapisi emas tersebut jika menjadi warna emas berarti logam kuningan yang dilapis emas terakhir jika terjadi reaksi berubah warna susu berarti campurannya perak yang dilapisi dengan emas.

Uji emas dengan menggunakan magnet

Ciri dari emas asli tidak memiliki sifat magnetic sehingga ketika di tempelkan ke magnet, emas tidak akan tertarik. Jika emas menempel ketika didekatkan pada magnet sudah tentu emas itu palsu. Rasanya cara yang pertama ini sudah cukup mudah bukan untuk dicoba atau pun dipraktekan? Memang pada umumnya terdapat beberapa jenis bahan dasar atau pun material utama yang hampir serupa dengan sebuah emas putih, dan biasanya pun dapat ditarik dengan magnet. Nah jika kalian mencoba cara yang satu ini dan ternyata perhiasan kalian memberikan respon sebaliknya, dapat dikatakan bahwa emas tersebut adalah emas putih asli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *