Bagaimana Manfaat Emas Bagi Kehidupan Manusia

Emas dan perak menjadi logam yang sangat menarik untuk kaum wanita. Emas dan perak banyak dijadikan perhiasan dengan berbagai bentuk yang sangat indah, yang membuat para kaum hawa sangat menukai memakai perhiasan. Bahkan pada jaman dahulu emas dan perak menjadi salah satu tolak ukuran harta benda dan nilai kekayaan seseorang ataupun kerajaan saat itu. Meskipun sekarang emas dan perak dikembangkan untuk berbagai bidang produksi. Manfaat emas dan perak dapat memiliki fungsi yang dapat membantu dalam kehidupan-sehari. Tidak hanya untuk aksesoris guna mempercantik penampilan, namun manfaat emas dan perak juga bisa di gunakan dalam berbagai beda lainnya.

Bagaimana Manfaat Emas Bagi Kehidupan Manusia

Sebelum mengenal emas dan perak, maka ada beberapa fakta tentang emas dan perak dibawah ini yang perlu di ketahui, yaitu:

  • Emas sebenarnya termasuk dalam salah satu unsur logam mulai yang memiliki sifat lunak, kuning, memiliki berat, berkilau dan mudah dibentuk.
  • Emas memiliki sifat alami yang tidak akan mengalami reaksi bila dicampur dengan jenis logam lain. Hal inilah yang membuat emas menjadi salah satu jenis logam mulia.
  • Nomor atom emas adalah 79 dan nilai berat atom 196,97. Nilai ini bisa Anda lihat dalam tabel periodik.
  • Kadar ukuran berat emas biasanya dinyatakan dalam ukuran gram.
  • Kandungan kadar emas dalam sebuah logam emas dinyatakan dalam bentuk karat. Karat menjadi salah satu ukuran untuk menilai jumlah kadar emas yang terkandung. Emas murni memiliki nilai 24 karat.
  • Jumlah nilai karat emas yang diakui adalah 24K, 23K, 22K, 21K, 20K, 19K, dan 18K.
  • Ada beberapa jenis emas yang bisa kita lihat sesuai dengan warna. Beberapa diantaranya adalah:
    – Emas biru (campuran emas dan besi)
    – Emas hijau( campuran emas dengan perak dan tembaga)
    – Emas Pink (campuran emas, tembaga dan perah)
    – Emas Putih (campuran emas dengan nikel, tembaga, seng, timah dan mangan)
    – Emas kuning ( campuran emas dengan perak dan tembaga)
  • Perak memiliki sifat lunak, berkilau, dan berwarna putih.
  • Perak bisa menjadi konduktor listrik yang paling bagus dan paling tinggi.
  • Perak termasuk dalam logam mulia karena tidak bereaksi dengan jenis logam lain ketika dicampur.
  • Perak bisa mengalami oksidasi yang ditunjukkan dengan perubahan warna perak menjadi kehitaman.

Emas dan perak adalah logam yang paling sering dibentuk menjadi perhiasan. Sifak emas dan perak yang lunak dan mudah dibentuk, membuat logam ini bisa dibentuk menjadi berbagai jenis aksesoris untuk wanita. Tapi, apakah emas dan perak juga bisa memberikan manfaat lain?

Berikut ini adalah manfaat emas dalam kehidupan manusia:

1. Perhiasan
Emas dapat dibentuk menjadi berbagai perhiasan untuk wanita. Wanita memerlukan perhiasan untuk beberapa hal seperti menjadi aksesoris untuk penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Perhiasan dari emas bisa dibentuk menjadi beberapa benda seperti cincin, kalung, gelang, anting, jam tangan, bros dan berbagai aksesoris lain. Emas juga menjadi salah satu jenis perhiasan yang memiliki harga mahal.

2. Kesehatan Gigi
Gigi yang berlubang mungkin akan membuat pemiliknya merasa tidak nyaman. Pada jaman dahulu pemakaian emas sudah banyak digunakan untuk menambal gigi yang berlubang. Bahkan ada jenis gigi palsu yang dilapisi dengan emas. Emas tidak bisa memberikan reaksi dengan jenis logam dan senyawa lain sehingga emas sangat awet. Jadi emas juga penting untuk mendukung kesehatan gigi.

3. Perlengkapan Pesawat Ruang Angkasa
Pesawat ruang angkasa ternyata juga menggunakan bahan emas sebagai bahan lapisan untuk kendaraan. Emas memiliki sifat yang sangat baik dan tahan terhadap panas matahari. Bahkan sekarang emas juga dapat dipakai sebagai bahan lapisan untuk pelindung kepala untuk astronot. Meskipun emas dipakai dalam kadar yang kecil, tapi peran emas sangat besar untuk melindungi awak pesawat ruang angkasa dari panas.

4. Produksi Perangkat Elektronik
Tahukah Anda bahwa ada beberapa bagian komponen elektronik yang menggunakan emas? Emas dipakai sebagai lapisan untuk perangkat kecil sebagai penghantar listrik pada beberapa alat elektronik seperti radio, televisi, komputer dan perangkat lain. Emas memiliki sifat yang tahan terhadap korosi, penghantar panas yang baik dan mendukung sistem pengiriman data komputer. Pemakaian emas dalam perangkat ini memang sangat kecil.

5. Bahan Membuat Penghargaan
Salah satu pengakuan dalam berbagai ajang kejuaraan adalah medali emas. Emas digunakan untuk membuat medali baik berupa koin, piala atau medali murni. Emas menunjukkan dedikasi dan derajat yang paling tinggi sehingga sangat sesuai untuk posisi juara dalam berbagai ajang penghargaan.

6. Emas untuk Investasi
Pada awalnya emas hanya diolah untuk perhiasan wanita yang bisa disimpan dan dijual lagi. Namun karena harga emas yang terus bergerak karena kondisi ekonomi dunia, maka sekarang emas menjadi alat investasi yang sangat menarik. Jenis emas yang dibentuk dalam logam mulia menjadi alat investasi yang paling banyak disukai. Emas dalam bentuk perhiasan kurang diminati sebagai sumber investasi karena nilai atau harganya sering terkena potongan.

7. Menjaga Kesehatan
Memakai emas juga bisa menjadi salah satu logam yang penting untuk kesehatan. emas bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dengan cara meningkatkan sistem peredaran darah. Selain itu emas juga bisa membuat tubuh menjadi sehat karena mendukung proses sekresi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

8. Terapi Kecantikan
Terapi kecantikan dengan bahan emas sudah dimulai sejak jaman Cleopatra. Jaman dahulu emas menjadi simbol kecantikan dan martabat. Sekarang banyak salon kecantikan yang menawarkan berbagai jenis perawatan dengan emas. Emas memiliki sifat yang bisa mendukung pemulihan sel-sel kulit yang sudah mati sehingga penampilan kulit menjadi lebih indah.
Beberapa jenis perawatan emas yang memiliki manfaat untuk:

  • Menghilangkan semua jenis efek penuaan dini seperti kerutan, garis lekuk pada mata dan bibir, serta bintik hitam.
  • Emas juga memiliki sifat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut.
  • Emas menjadi salah satu bahan antioksidan yang sangat kuat sehingga mencegah masalah peradangan pada kulit.
  • Emas membuang racun dari kulit dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah.
  • Emas bisa menjadi bahan yang aktif untuk mencegah pengurangan kolagen alami pada kulit.
  • Emas mampu membuat kulit wajah menjadi lebih bersinar cantik.
  • Kemudian pada manfaat perak dapat digunakan dalam berbagai hal juga seperti manfaat emas. Berikut ini adalah manfaat perak untuk kehidupan manusia:

Perak banyak dibentuk menjadi berbagai jenis benda. Perak memang memiliki sifat yang mudah terkena oksidasi dari udara luar sehingga sering dilapisi dengan beberapa bahan seperti rhodium. Perak yang memiliki warna putih dan mengkilap memang sangat menarik untuk dibentuk menjadi berbagai benda dan perhiasan. Jadi apa manfaat perak untuk kehidupan manusia.

1. Perhiasan
Perak banyak dijadikan berbagai jenis atau bentuk perhiasan. Perak bisa dibentuk menjadi cincin, gelang, kalung dan jenis perhiasan lain. Bahkan sekarang perak juga menjadi logam mulia seperti emas. Perak bisa menjadi alat transaksi dalam bidang investasi.

2. Kerajinan
Perak banyak dijadikan sebagai bahan kerajinan untuk membuat pajangan meja, dinding atau berbagai bentuk kerajinan lain. Perak juga banyak dibentuk menjadi beberapa jenis perlengkapan rumah tangga. Bentuk perak yang bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis benda membuat banyak orang lebih tertarik dengan kerajinan perak.

3. Perak dalam Dunia Medis
Perak juga sering dipakai sebagai campuran bahan untuk membuat perlengkapan medis. sifat perak yang tahan korosi sangat mendukung fungsi ini. Selain itu perak juga banyak diklaim bisa mencegah infeksi atau paparan beberapa benda cair dari mikroorganisme.

4. Produksi Medali
Perak menjadi salah satu simbol kedua dibawah emas. Jadi perak menjadi salah satu bahan medali yang sering dipakai untuk ajang kejuaraan atau berbagai jenis lomba.

Ada banyak variasi bentuk dan berbagai jenis ornamen yang dibuat dari emas dan perak. Selain beberapa manfaat diatas, maka sebenarnya emas dan perak juga telah mendukung fungsi ekonomi masyarakat. Emas ditambang dan membutuhkan teknologi serta sumber daya manusia. Proses ini juga berlaku untuk perak. Jadi, emas dan perak telah menjadi komoditi yang penting untuk ekonomi manusia.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *